Today March 4, 2021

Sampurna

Blog kita

Langkah Mudah Menghidangkan Sambal Tomat Matang Kekinian

Ingin tau rahasia membuat sambal tomat matang yang nikmat? Gak perlu ragu lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep sambal tomat matang terbaik! Hadirkan sambal tomat matang untuk agenda masak akhir pekan ini. Hidangan ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Sambal Tomat Matang

Kebanyakan orang sudah menyerah duluan sambal tomat matang karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari sambal tomat matang! Pertama dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selanjutnya, jenis bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu selalu pakai bahan yang masih fresh.. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Kamu dapat menyiapkan sambal tomat matang hanya dengan menggunakan 8 bahan dan 3 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin sambal tomat matang yuk!

Untuk menyiapkan Sambal Tomat Matang, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan 35 of cabe merah.
  2. Ambil 15 of cabe rawit.
  3. Diperlukan 6 siung of bawang merah.
  4. Ambil 4 siung of bawang putih.
  5. Gunakan 2 buah of tomat ukuran sedang.
  6. Diperlukan 5 of daun jeruk.
  7. Siapkan 3 of daun salam.
  8. Dibutuhkan secukupnya of garam dan gula.

Proses membuat Sambal Tomat Matang:

  1. Cuci bersih semua bahan. Rebus bahan2 tadi kecuali daun jeruk dan daun salam. Jika sudah agak layu, lalu haluskan boleh di blender atau diuleg biasa.
  2. Panaskan minyak ke dalam wajan/teflon. Masukkan bumbu halus tadi, aduk rata. Lalu masukkan daun jeruk & daun salam, tambahkan gula (saya selalu pakai gula jawa) sesuai selera dan tambahkan sedikit sekali air. Aduk rata lagi sampai semua tercampur, berbau wangi dan berubah warna agak gelap. Sesekali diamkan saja agar semua bumbu meresap dan matang.
  3. Jika kadar air sudah berkurang tambahkan garam secukupnya, lalu koreksi rasa. Kalau sudah dirasa pas, sambal tomat siap disajikan ❤.

Mudah bukan membuat sambal tomat matang? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

admin

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top